Strand Jack System

Alat angkat strand jack atau dikenal dengan strandjack adalah teknologi alat angkat yang inovatif dan baru jika dibandingkan dengan alat angkat seperti crane atau dongkrak hidrolik pada proses pengangkatan tradisional lainnya. Strandjack pertama kali diciptakan oleh Patrick Kilkeary & Bruce Ramsay dari VSL Australia pada tahun 1969 yang pada waktu itu digunakan untuk sistem post-tension beton, dan sekarang banyak digunakan untuk pengangkatan berat, seperti membangun jembatan, loadout struktur lepas pantai, pemasangan modul di kilang, pembangkit listrik, bangunan besar dan struktur lainnya dimana penggunaan konvensional crane sudah dianggap tidak praktis lagi atau biayanya terlalu mahal.

Sebelumnya, berbagai teknik pengangkatan barang berat telah digunakan dalam kaitannya dengan konstruksi struktur yang sudah semakin komplek; dimana ketersediaan ruang untuk penggunaan crane sudah tidak mencukupi, level ketinggian yang harus dicapai semakin tinggi, dan barang yang harus diangkat juga terlalu berat. Maka sistem derek dan katrol yang sebelumnya dapat memfasilitasi proses pengangkatan berat tersebut tidak lagi effektif digunakan kecuali menggunakan strand-jack system.

Strand Jack Model

Strand jack hanya dapat dioperasikan jika tetap dalam fase tegangan, dan karenanya tidak dapat mendorong beban ke segala arah. Jadi, sistem pengangkat strand jack hanya dapat digunakan selama arah tegangan yang memadai masih dapat dipertahankan di sepanjang untaian tali strand-nya. Dalam strandjack ada silinder hidrolik berlubang dengan satu set kabel baja (“strand”) melewati silinder tersebut; dimana masing-masing lubang strand tersebut terdapat dua klem penjepit dan anchor block untuk menahan strand agar tidak bergerak.

Pada sistem pengangkat strand jack, bundel untaian baja dipandu melalui silinder hidrolik berongga Di atas dan di bawah silinder dipasang sistem jangkar dengan sejumlah jangkar penjepit. Rakitan penjepit tunggal akan menahan untuk setiap strand, yang juga terdapat di atas dan di bawah ram hidrolik. Strandjack dapat digunakan untuk mengangkat atau menurunkan beban dengan menahan strand yang lewat masuk dan keluar. Jankar penjepit fungsinya sebagai pegangan, dimana pegangan ini bekerja dengan cara menahan atau melepaskan strandjack. Dongkrak dipertahankan pada balok penyangga secara vertikal di atas lokasi di mana beban seharusnya diangkat. Dengan bantuan lifting block yang sesuai, beban dihubungkan ke strandjack.

Model Strandjack

Gambar diatas memperlihatkan anchor block atas mencengkeram strand dan silinder hidrolik akan mengangkat anchor block naik ke atas bersama dengan strand dan beban yang terhubung dengannya. Setelah naik, penjepit pegangan bawah akan menahan tali strand supaya tidak turun. Pegangan atas kemudian dilepaskan lagi dan silinder bergerak turun ke posisi bawah. Pegangan atas menahan strand lagi, sedangkan pegangan bawah dilepaskan. Proses siklik ini berulang menerus hingga beban terangkat sesuai dengan rencana pengangkatan. Dalam strandjack system, pengangkatan dapat dilakukan secara bersama-sama (synchronized) dengan panel pengendali.

Lifting Block

Engineering dan konstruksi akan terus berjalan seiring dan terikat erat agar seluruh proyek berjalan lancar dan sukses. Dengan struktur yang besar-besar, hal utama adalah bagaimana cara mengangkat material tersebut dengan ukuran besar, berat, dan tinggi. Alhamdulillah, teknik ini telah dikuasai dengan bantuan penggunaan strandjack untuk mengangkat seluruh struktur tersebut.

Proses pengangkatan strand jack sebenarnya jika dilihat secara praktis amat sangat sederhana namun dalam hal pekerjaannya membutuhkan proses yang cukup teliti agar pengangkatan tersebur dapat dilakukan tanpa ada halangan. Dengan bantuan strandjack, ribuan ton dapat diangkat dengan sekali upaya setelah beberapa strandjack dipasang padanya dan disinkronkan. Ini adalah inovasi teknik paling spektakuler yang digunakan untuk mendirikan jembatan serta pembangkit listrik, struktur lepas pantai, dan sejenisnya dengan biaya yang lebih rendah karena biaya mobilisasinya lebih rendah jika dibandingkan dengan penggunaan crane untuk pengangkatan berat dan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *